Souvenir Surabaya kini kian menunjukkan taringnya di ranah usaha cindera mata di tanah air. Bagaimana tidak? Semakin maju teknologi dan peradaban manusia global, sektor perekonomian menengah Surabaya mulai bergerak berkembang. Salah satunya diwujudkan dengan perwujudan bisnis cindera mata Surabaya. Pada awalnya usaha ini masih jarang dijumpai. Yang banyak berkembang pada awalnya justru pembuatan
souvenir pernikahan surabaya untuk pesta pernikahan, yang lebih fokus pada pasar daerah sendiri. Artinya konsumen usaha ini belum sampai ke tahap luar kota.
[Kini bagi anda yang berdomisili di kota pahlawan Surabaya, sudah sewajarnya anda merasa jadi orang yang beruntung dan bersyukur karena
Souvenir Surabaya mulai bergerak bersaing dengan kota kompetitor lainnya seperti Yogyakarta dan Solo. Sektor perekonomian ini tentunya masih membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak, terutama sektor pariwisata, agar berkembang lebih jauh. Pembuatan souvenir Surabaya kebanyakan masih dikerjakan oleh pihak independen dan sebagian lagi pihak UMKM.
Souvenir Bunga Pot GerabahLontar Surabaya
Komoditas Souvenir Surbaya
Souvenir Surabaya, yang ditujukan untuk sektor pariwisata, kebanyakan yang mendominasi masih berupa T-Shirt, stiker, dan pin dengan berbagai desain yang menarik karena memang benda-benda ini yang sekarang ini dilirik oleh banyak konsumen. Penyedia souvenir T-Shirt ini yang berkembang dan tetap terus eksis adalah Cak Cuk Surabaya, Sawoong, dan Jula-Juli. Karena berbentuk T-Shirt, tentu saja pasar yang dilirik kebanyakan adalah anak muda. Mengingat juga sekarang ini kegiatan melancong banyak digeluti anak-anak muda di waktu liburan sekolah atau kuliah mereka. Hal ini lantas tidak membuat komoditas souvernir lainnya mati. Souvenir seperti pernak-pernik, tas, patung, hiasan dinding, dan lain-lain masih mempunyai pasar sendiri meski persaingan bisnis kian ketat.
Souvenir Pernikahan Surabaya
Potensi Souvenir Surabaya
Selain karena sektor perekonomian pariwisata Souvenir Surabaya sedang dalam proses berkembang, paradigma Surabaya sebagai kota industri dan kota transit juga turut mempengaruhi antusias orang untuk berkunjung ke Surabaya. Sebenarnya tanpa atau dengan paradigma tersebut, orang pasti datang ke Surabaya entah untuk plesir atau hanya sekedar transit. Permasalahannya adalah orang-orang ini kurang mendapatkan akses yang tepat untuk lari ke pusat cindera mata. Salah cara untuk menarik mereka adalah dengan memberikan pilihan kenang-kenangan yang
applicable, maksudnya adalah orang selalu bisa memakai benda tersebut, misal kaos, pernak-pernik, dan lain-lain. Selain itu produk dibuat dengan desain yang kontemporer namun tidak melupakan kekhasan daerah. Sektor kenang-kenangan Surabaya kini mulai bergerak ke arah itu, semakin meningkatkan daya potensi Surabaya sebagai pasar penghasil cindera mata yang kompetitif.
Tak heran jika saya berkata bahwa bisnis souvenir Surabaya telah menunjukkan taringnya, menunjukkan daya potensi yang kompetitif dengan kota-kota besar lainnya. Sektor ini didukung oleh perkembangan sektor pariwisata kota, dan tentunya didukung oleh banyaknya orang yang singgah ke Surabaya meskipun mereka hanya untuk transit. MEski demikian, sektor perekonomian
Souvenir Surabaya masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak untuk berkembang lagi menjadi sektor yang mampu menyerap banyak perkerja dan konsumen.
Post a Comment